Rafa dan Angka

Kami memang belum mengajarkan angka atau pun huruf pada Rafa. Bukan yang betul - betul mengajarkan ya. Tapi dengan seringnya naik turun lift saat masih tinggal di langit kemarin, akhirnya Rafa lumayan kenal dengan angka 1,2,3. Meski sekarang kalau ditanya pasti sudah bubar jalan semuanya. Untuk huruf, hanya nama panggilannya yang baru kami kenalkan. Itu juga masih dalam tahap mengenalkan.

Makanya saat kami pindah rumah, saya dan suami sepakat untuk membeli jam dinding yang ada angkanya. Karena sekarang Rafa sudah mulai mengenal waktu dalam melakukan sesuatu.



"Rafa boleh nonton TV nggak bunda? "
" boleh, tapi 15 menit aja ya. Setelah itu tdr siang. " 

Seringkali diberikan jawaban seperti itu rupanya membuat Rafa penasaran. 

"15 menit itu segini ya bunda? " sambil menunjukkan kelima jari tangan kanannya.
" iya, segini tapi ada 3. Kalau 1 tangan, itu namanya... "
"Lima ya bunda.."

Akhirnya sekarang, dengan menggunakan jam dinding, saya mencoba memberi tahu dirinya. 

"Boleh main sepeda 20 menit ya nak. Nanti kalau jarum panjangnya ada di angka 1, selesai ya.."
"OK, bos. " anaknya mulai sok asyik ya jawabannya.

Saya memang sengaja memilih angka 1 dan 2 sebagai perkenalan. Namun posisi jam dinding yang di atas membuat Rafa agak sulit. Mulai kemarin saya coba untuk menggunakan jam tangan. Saya berikan jam digital Rafa.



"Kalau angka yang di bagian ini sudah berubah menjadi 2 dan 0 Rafa selesai ya main airnya. " 
" iya bunda." iya aja dulu.ah, urusan praktik mah pasti mundur beberapa menit. Haha..

Sejauh ini Rafa mulai akrab dengan angka 0, 1 dan 2. Saya sudah terpikir untuk membuat jam dari kardus bekas untuk latihan. Tapi sembari emaknya ngumpulin mood, eh anaknya ternyata pengen latihan angka pakai jam emaknya. Setelah dilihat, dari beberapa jam tangan emaknya kok ya nggak ada yang pakai angka kecuali untuk tanggal yaaa...



Errrrr..... Waktunya beli jam tangan baru nih kayaknya.

14 comments

  1. Beli jam tangan juga ah disana hehehe..

    ReplyDelete
  2. Hahaaha... buyuu saya titip beliin juga ya jam tangannya

    ReplyDelete
  3. Aku juga mau beliiiiiiii.. Beliiin aku yah buyuuuuu :D

    ReplyDelete
  4. Jam tangannya rafa banyak :D
    Dulu navaro mulai saya kenalin angka dari tulisan yang ditempel ditembok itu mak. Jadi ada angka, huruf, buah, kendaraan, saya kenalin lewat sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak dan udh banyak jg yg mati. hahah.. iyaa, sama dtempel d tembok yaa.. Ini jg ada, kbetulan aja skrg anaknya lg sok2an nanya jam brp. hihi..

      Delete
  5. Nonton tevenya cuma 15 menit yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tantee, 15 menit aja klo plg skolah krn klo klamaan bs2 ga tdr siang. blh ntn lg biasanya abis makan mlm, sbentar jg sblm tdr. hihi..

      Delete
  6. asyiiik beli jam tangan baru, jangan lupa Rafa juga dibeliin ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rafa udh banyak mak lid, buat emaknya dl aja deh. huahahaha...

      Delete
  7. jadiii, ini emaknya atau anaknya yg butuh jam tangan? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmm... anu... jadi gini.. aku sih ga nolak klo dibeliin . hahahha...

      Delete